Senin, 14 Maret 2011

macam - macam makanan tradisional Indonesia

Kuliner Indonesia

Pertumbuhan dan perkembangan bisnis kuliner di Indonesia dewasa ini sangatlah pesat, terbukti dengan menjamurnya gerai gerai makanan baik merek lokal maupun merek terkenal dari yang bentuknya jajanan ataupun sekelas restoran. Sebut saja Bakso, Soto, Rawon, Pecel, Lotek, Gado Gado, Bebek goreng, Bakmi Jawa, Gudeg, Nasi Goreng, Chinese Food yang mendominasi bisnis makanan siap saji dan tergolong makanan berat. Nah untuk kelas camilan atau snack anda pasti tahu yang namanya Bakpia dari Jogja yang biasa dibuat untuk makanan oleh oleh, lalu ada kripik Belut dari godean, Jamur goreng, lalu Tela Tela yang baru baru ini telah menjadi snack atau makanan favorit di Yogyakarta.

Apakah anda punya referensi kuliner yang menurut anda enak, sedap, dan maknyus untuk dikunjungi? Silahkan comment di akhir lensa ini.

GUDEG 

GUDEG JOGJA

Gudeg adalah makanan daerah Yogyakarta dan Jawa tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
* Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
* Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
* Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.
( wikipedia.org/wiki/gudeg )
Makanan yang satu ini tidak luput dari ciri khas kota YOgyakarta sebagai kota Gudeg, karena hampir di setiap sudut kota Yogyakarta pada malam atau pagi hari banyak orang berjualan gudeg. Ada beberapa Gudeg yang bisa menjadi referensi anda untuk makan malam.
Gudeg Bu Citro terletak dekat dengan Bandara Internasional Adisucipto.
Gudeg wijilan letaknya dekat plengkung Gading Alun Alun Utara Kraton Yogyakarta, disini banyak berjejer warung gudeg yang semua rata rata rame pengunjung.
Gudeg Batas Kota, biasanya buka mulai jam 9 malam sampai dini hari.
Gudeg Jl Solo kebanyakan buka saat toko toko sudah tutup, terletak sepanjang Jl urip Sumoharjo.
Gudeg Permata, terletak dekat jembatan Sayidan biasa buka di waktu sore sampai dini hari.
Gudeg BU HENDRO. Warungnya dapat ditemukan di jalan Hayam Wuruk, daerah Lempuyangan pada malam hari.
GUDEG YU DJUM, GUDEG YU GINUK, GUDEG BU AMAD ini hanya sebagian nama nama yang berada di lokasi utara kampus UGM, karena memang disini juga banyak sekali warung sejenis.
GUdeg Wirobrajan
Gudeg Tugu
Gudeg Gejayan yang letaknya berseberangan dengan Pom Bensin Gejayan
Gudeg perempatan Tajem yang terletak dekat dengan Stadion sepak Bola sleman
dan masih banyak lagi warung Gudeg yang belom bisa disebutkan satu persatu disini.

Ayam Goreng / Bakar 

santapan Mantap saat lapar

Kalo yang satu ini semua pasti dah tau kan? yang namanya Ayam goreng? Banyak dijual di pinggir jalan baik lesehan, warung makan, bahkan restoran. Nah berikut daftar Ayam Favorit versi saya, kalo ada yang mau nambahin boleh kok di forum diskusi. ^_^
Yang pertama kita mulai dari Ayam Goreng Suharti, bertempat di tikungan jalan Babarsari setelah jembatan layang Janti.
Ayam Goreng Mbok Sabar sudah ada sejak lama, yang rame di Jl Jagalan
Ayam Goreng Ninit yang mempunyai ciri khas sambel encernya di Jl. Simanjuntak
Ayam Goreng Joko di daerah Pogung, kecil tempatnya tapi berjubel pengunjungnya.
Ayam Goreng Pak kromo yang sudah banyak cabang di Jogja, ciri khas di ayam kampungnya.
Ayam Goreng Bu Bayan daerah Babarsari timur kampus UPN
Ayam Goreng Moci, juga berada di daerah Babarsari Tambakbayan, punya khas di berbagai menu sambelnya yang bikin megap megap.Nyuss
Ayam Goreng Punchick di pinggir ringroad utara timur Centro Billyard.
Ayam Goreng Taliwang, di timur rumah Sakit Bethesda.
Ada yang lain?

Bakso ( dan mie ayam ) 

makanan rakyat

Penggemar makanan ini tentu punya selera dan tempat favorit masing masing, nah kita share disini nih, bakso mana aja yang enak di Jogja.
Bakso Pak Narto lokasi di Gejayan, Condongcatur dan beberapa lagi di kota Yogya.(****)
Bakso Kauman, dekat perempatan Kauman - Gggerjen,
Bakso Bawor samirono, ada yang di purwomartani juga
Bakso Cak Mahmud, Jl. Kusumanegara(***)
Bakso Cak Karno, Pugeran Jokteng Kulon
Bakso urat Pak Brewok, Jl. AM Sangaji(***)
Bakso Urat Pak Tembong, Jl. Juminahan, jagalan(***)
Bakso Kepala Sapi, ini adalah salah satu merek yang diwaralabakan dengan jumlah gerai sekitar 400 buah
Bakso Super, depan RS Lokapala Babarsari
Bakso Jepang Kalasan
Bakso Pak Sidan, perempatan Tajem Maguwoharjo
Bakso Bakar Malang, Jl. Prof. Yohanes
ada lagi? tambahin di forum diskusi ya?

Soto 

Asal usul soto dan penyebarannya

Menurut Dennys Lombard (Nusa Jawa: Silang Budaya), jelas ditulis dibuku tersebut asal mula Soto adalah makanan Cina bernama Caudo, pertama kali populer di wilayah Semarang. Dari Caudo lambat laun menjadi Soto, klop bukan? Orang Makassar menyebutnya Coto, dan orang Pekalongan menyebutnya Tauto.

Makanan yang asalnya juga khas Cina ini telah menjadi bagian dari makanan masyarakat Indonesia. Dengan menyesuaikan olahan bumbu agar pas dengan lidah orang Indonesia, lahirlah kemudian Soto Semarang, Soto Kudus, Soto Madura, Soto Bangkong, dan sebagainya.

Antropolog dari Universitas Gadjah Mada, Dr Lono Simatupang, menurut dia, soto merupakan campuran dari berbagai macam tradisi. Di dalamnya ada pengaruh lokal dan budaya lain. Mi atau soun pada soto, misalnya, berasal dari tradisi China. China-lah yang memiliki teknologi membuat mi dan soun, ujarnya.

Soto juga kemungkinan mendapat pengaruh dari budaya India. Ada beberapa soto yang menggunakan kunyit. Ini seperti kari dari India, ujarnya. Karena soto merupakan campuran dari berbagai tradisi, ungkap Lono, asal usulnya menjadi sulit ditelusuri. Soto itu seperti dangdut yang mendapat pengaruh dari berbagai tradisi. Ya, sudah kita terima saja.

Bagaimana soto bisa menyebar ke berbagai daerah di Indonesia? Secara antropologi, sebuah makanan menyebar seiring dengan penyebaran manusia. Makanan yang tersebar itu kemudian bisa diterima di tempat lain. Selain itu, makanan juga menyebar karena ada proses industri. Penyebaran ini, lanjut Lono, diikuti dengan upaya pelokalan. Proses pelokalan soto mungkin sama seperti pelokalan Islam maupun Kristen di Indonesia. Inilah yang mengakibatkan muncul berbagai jenis soto di Indonesia.

sumber : http://sejarawan.wordpress.com/2008/06/03/soto-akulturasi-cina/

Kuliner Soto :
Soto Sulung Cak H. Kowie, Batas Kota
Soto Sulung Umbulharjo terminal lama
Soto Kudus Terban Jl C Simanjuntak
Soto Kudus Mandala Krida
Soto Pak Soleh, Tegal rejo, ada juga yang di Jl Solo KM 9 Maguwoharjo
Soto Tamansari Pasar Ngasem dulunya
Soto Ayam Pak Kromo Paingan
Soto Ayam Pak Marto Suryowijayan
Soto Sawah (Mirota Godean ke Selatan)
Soto Sulung Stasiun Tugu (Soto sulung pertama di Jogja)
Soto Pak Tembong, perempatan Apotik Hayam Wuruk (Bausasran)
Soto Ayam Pasar Kembang
Soto Pak Min Belakang SMK Godean ( pasar godean ke utara )
Soto Mataram ( Pringgolayan pinggir selokan sebelum jembatan )
Nah bagi temen temen mahasiswa biasanya banyak yang berkunjung ke Soto SIMBOK, selain murah, banyak dan lumayan deh buat sarapan.

Bakmi Jawa ( dan Nasi Goreng ) 

Mie tradisional yang banyak dikunjungi tamu dari luar kota

Anda penggemar mie? Sama dengan saya. Nah mie yang satu ini benar benar menu khas jawa yang ketika dimasak, aromanya sudah tercium sampai kita nelan ludah. Dan ada tips jika anda menikmati mie Jawa ini salah satunya liat taburan daging ayamnya, dan coba mie gorengnya, satu lagi jangan pilih yang banyak vetsin/ penyedap rasanya karena kurang alami enaknya. Uniknya lagi Mie Jawa ini masaknya memakai arang, bukan gas atau kompor.
Nah kita tengok daftar Bakmi Jawa berikut:
Nasi goreng Depan SMA 7
Mie Jawa dan Nasi goreng Miroso (Timur Galeria, disini ada 2 warung yang bersebelahan )
Bakmi Jawa Pak Pele Jl Godean ( juga ada menu nasi gorengnya )
Bakmi Jawa Setyawan ( Jl wonosari ke timur)
Bakmi Jawa Depan kampus UPN Babarsari
Bakmi Jawa Terminal Condong catur
Bakmi Jawa Pak Sugiyo ( Pasar Sambilegi Maguwoharjo)
Bakmi Jawa Lek Mar ( Tajem maguwoharjo)
Bakmi Jawa Pak Pendek Gejayan
Bakmi Jawa Krapyak ( ga tau nama pemiliknya)
Bakmi Jawa Kadin ( dekat jembatan Sayidan timurnya )
Bakmi Jawa Pak Rebo Kintelan
Bakmi Jawa Prambanan
Bakmi Jawa Pak Bagong Jl Raya Tajem Maguwoharjo
Dan yang paling sering dikunjungi wisatawan atau tamu dari luar Jogja salah satunya adalah Bakmi Mbah MO, meski yang punya dah ga ada tapi nama bakmi Mbah Mo sudah terdengar sampai penjuru nusantara.
Ada yang mau nambahin ? silahkan, dengan senang hati.

SATE 

Daging Kambing, Ayam atau Sapi??

Nah yang ini namanya sate. Terpersit di benak kita kalo denger namanya sate pasti ingat tusuknya, sambal kacangnya, bawang merahnya, lomboknya, asapnya, tapi yang paling penting adalah RASANYA. Ya kan? Entah darimana asalnya kalo ingat sate kita tertuju pada makanan yang ditusuk pakai bambu atau lidi, jadilah ada sate daging, sate lemak, sate telor, sate pisang dan macam macamlah makanan yang ditusuk tusuk. Tapi kalo anda ingin mencicipi makanan sate yang benar - benar sate Jogja juga salah satu tempat yang kaya akan makanan ini. Sebut saja daerah Imogiri, saat anda melewati terminal giwangan lurus arah selatan, anda akan menjumpai puluhan penjual sate dan warungnya. Nah and bisa mencoba satu persatu disana, dn yang pasti maknyuuus. Tempat lain saya cari dulu ya...

Ketemu lagi dengan kuliner Indonesia. Nah tempat makan sate yang enak di Yogyakarta banyak sekali.
Sate Imogiri, terkenal enak dan banyak sekali pilihanya. terletak di sepanjang jalan Imogiri timur.
Sate samirono, terletak di karang malang, deket kampus UNY, meski ada beberapa cabangnya, tapi disini pusatnya.enak dan masalah harga ya bisa dibilang menengah ke atas.
Sate Sambilegi, terletak di dekat bandara Adisucipto Yogyakarta utara Mirota
Sate Wirobrajan, perempatan wirobrajan ke barat sekitar 200 m
Sate Karang, nah ini y ang terkenal soal sate sapinya. ramenya saat malam tiba, dan yang datang banyak yang bermobil, Harga dan rasa maknyuus pokoknya.
Sate goreng Ringin, ini sate yang beda dari yang lain, karena cara masaknya digoreng jadi tidak dibakar. Buka pagi sampe siang.
Sate Pak Bino, letaknya di depan Hotel Quality jl.Solo KM 8 .murah dan enak.

Pempek 

Makanan khas Palembang

Nah ini menu yang asalnya dari Palembang, meskipun banyak orang bilang pusat pempek Palembang, tetapi ternyata hampir semua wilayah Sumatera Selatan ada yang namanya makanan ini. Meski di daerah asalnya Pempek merupakan makanan khas daerah tersebut, tetapi penyearannya sekarang ini sudah hampir di pelosok daerah ada yang bisa membuatnya, walupun tidak senikmat aslinya. Tetapi meski begitu jika ada warung pempek, apalgi di seputaran Jogja dan yang membuat adalah orang palembang, maka bisa dipastikan rasanya jauh lebih enak daripada buatan sendiri ya kan? Lalu penyajiannya sendiri, haruslah ada yang namanya cuka atau cuko (bahasa palembangnya) Jenis-jenisnyapun banyak ragamnya, antara lain pempek "kapal Selam"karena memang bentuknya seperti kapal, lalu ada juga pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.
Nah, mau tau tempat makan Pempek yang enak?
Di Jogja ada beberapa yang menurut saya recomended lah, antara lain di Tamansiswa, lalu deket kampus UII condongcatur, Pempek nyonya Kamto, dan masih banyak lagi. Mohon ditambahkan kalo ada yang kurang ya bro.

Pecel  

(bukan pecel lele)

Makanan yang satu ini juga merajalela di berbagai daerah, ya benar Pecel. Tapi yang tidak asing lagi adalah pecel lele, karena hampir ada di semua kota di Indonesia karena yang jualan biasanya saudara kita dari Jawa Timur. Tapi yang akan kita bahas kali ini adalah pecel asli yang terkenal merupakan masakan khas Kota Madiun Jawa Timur Indonesia yang terdiri dari aneka macam sayur-sayuran seperti bayam, tauge, kacang panjang, kemangi, daun turi, krai (sejenis mentimun) atau sayuran lainnya yang dihidangkan dengan disiram sambal kacang. Makan pecel sih paling enak dengan pelengkapnya seperti rempeyek kacang, mendoan, daging ayam, telor ceplok, atau jeroan.
Ada berbagai variasi bentuk pecel; Misalnya saja pecel Banyumas yang punya ciri ada taburan biji lamtoro, atau irisan bunga kecombrang yang telah dikukus.
Masih di seputaran daerah Banyumas antara lain Slawi dan Tegal makanan ini dalam penyajiannya bukan dalam bentuk sayur sayuran tetapi berbentuk rujak. Beda lagi di daerah Slawi, pecel ini berupa buah-buahan segar seperti jambu, nanas, pepaya, dan mangga dan disiram dengan saus gula merah kental.
Nah, tapi yang sering saya lihat dan teman teman tau, pecel ini asalnya dari jawa Timur, jadi ada pecel Madiun, pecel ponorogo, Pecel Lamongan, pecel Tulungagung, pecel Kediri dan pecel-pecel yang lain.
Di Jogja sendiri ada beberapa tempat spesial untuk menikmati makanan ini, salah satunya di daerah UGM, karena ada banyak penjual pecel dengan singkatan SGPC (Sego Pecel), dan tiap hari sangat ramai dikunjungi orang. Letaknya di utara fakultas peternakan UGM. Silahkan mampir dan mencoba jika anda ingin menikmati masakan ini.


Cara Menjadi Sehat

Seberapa banyak yang anda ketahui tentang gaya hidup sehat?
Sebelumnya, jawablah beberapa pertanyaan berikut :
1. Bagaimana anda mendefinisikan tentang liburan?
a. Pergi ke tempat fitness.
b. Main lompat tali dengan anak tetangga.
c. Main piringan terbang dengan anjing anda.
2. Bagaimana anda mendefinisikan tentang gizi yang baik?
a. Makan satu jenis sayuran di setiap kali makan.
b. Makan dua jenis sayuran pada setiap kali makan.
c. Minum jus buah untuk sarapan.
3. Yang mana berikut merupakan kegiatan yang sehat?
a. Push-up, sit-up, atau jogging.
b. Berjalan kaki dengan anjing peliharaan setelah makan malam.
c. Menghabiskan sabtu sore dengan tidur di sofa.
Percaya atau tidak, jawaban yang benar untuk setiap pertanyaan adalah A, B, dan C – bahkan jawaban yang mengatakan tidur di sofa saat sabtu sore! Menurut para ahli, membiasakan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari jauh lebih mudah daripada yang selama ini kita pikirkan.
Anda dapat melakukan dari hal hal yang kecil secara bertahap sehingga tidak menimbulkan keterpaksaan yang akan membuat anda malas. Meskipun remeh namun hal tersebut jauh lebih bagus daripada tidak melakukan apa apa.
Dari sejak mandi pagi sampai tiba waktunya anda menonton berita malam, setidaknya ada ratusan cara untuk menyelipkan suatu kegiatan yang menyehatkan. Tidur di siang hari pun sangat bermanfaat bagi kesehatan jika pekerjaan anda menuntut anda untuk bekerja sampai malam.
Anda tidak perlu memiliki berbagai macam alat fitness atau lapangan olah raga yang luas hanya untuk menjadi lebih sehat. Ada puluhan bahkan ratusan hal hal kecil yang dapat anda lakukan setiap hari untuk membuat anda lebih sehat.
Sedikit berusaha untuk manfaat yang besar.
Pemikiran bahwa kesehatan yang baik bisa datang dari hal hal yang kecil memang sudah tidak baru lagi. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan hal hal yang kecil secara berkesinambungan dalam jangka waktu yang lama akan membuat perubahan besar dalam kondisi fisik manusia.
Sebagai contoh, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine tahun 2004 menemukan bahwa berjalan selama 30 menit per hari sudah cukup untuk mencegah penambahan berat badan. Kalau  30 menit dirasakan masih terlalu lama, penelitian yang lain menunjukan bahwa dengan berjalan cepat selama 10 menit per hari akan diperoleh efek yang sama seperti halnya berjalan lambat selama 30 menit.
Hal hal yang kecil tersebut tidak hanya dilakukan untuk kebugaran fisik, hal yang sama juga berlaku di meja makan seperti mengurangi asupan lemak,  gula, dan memperbanyak makan buah serta sayuran.
Hal hal kecil seperti yang disebutkan diatas kalau dirangkum berupa :
Untuk meningkatkan kebugaran fisik :
1. Saat mengambil sesuatu, lakukanlah dengan gerakan gerakan yang memungkinkan seluruh tubuh anda bergerak.
2. Setiap kali berhenti di lampu lalu lintas, gerakanlah otot otot paha anda dengan mengencangkan kaki, kemudian menggerakan bokong semampu anda. Hal ini akan mengembalikan aliran darah pada tempat tempat tersebut sebagaiman mestinya.
3. Setiap kali anda antri dengan posisi berdiri, cobalah untuk mengangkat satu kaki setengah inci dari lantai. Tekanan ekstra pada pergelangan kaki, betis dan paha akan membantu penguatan otot otot pada bagian tersebut. 
Anda akan mulai merasakan perbedaan dalam beberapa minggu setelah semuanya dilakukan secara rutin.
Untuk meningkatkan asupan nutrisi :
1. Belilah makanan yang murni, apakah itu kalengan, beku, atau segar daripada makanan olahan bila hal tersebut memungkinkan.
2. Singkirkan makanan dan minuman yang terbuat dari sirup dengan pemanis buatan, berkalori tinggi dan menggunakan pewarna yang tidak jelas.
3. Mulailah setiap makan malam dengan campuran salad hijau. Bukan hanya karena makanan tersebut membantu mengurangi nafsu makan, tetapi juga akan secara otomatis memperbanyak porsi sayuran ke makanan anda.
Untuk mengendalikan stress :
1. Berikanlah pasangan anda pelukan setiap hari sebelum anda berangkat bekerja. Studi menunjukkan tindakan sederhana ini dapat membantu anda tetap tenang saat terjadi kekacauan sepanjang hari tersebut.  
2. Menangislah bila anda memang menginginkannya. Hal ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kadar hormon stres, menghilangkan depresi, dan membantu anda berpikir lebih jernih.
3. Dua kali sehari, tarik napas panjang selama tiga hingga lima menit.
Apakah anda sudah rutin melakukan hal tersebut?

1 komentar: